Kamis, 30 Juli 2009

THERAPY PENYEMBUHAN VERTIGO

Hanya orang yang pernah mengalami VERTIGO bisa merasakan tersiksanya bila sedang kumat. Kita seperti berada di dalam sebuah round table, lalu diputar berkeliling atau terkadang terasa seperti di ayun ke segala arah yg tidak jelas, berputar semuanya...???!!!

Kepala saat diletakkan ke bantal sangat tidak nyaman, berputar dan kita seakan mencari pegangan kemana-mana. Apalagi melihat atau menunduk ke bawah jelas tidak mungkin. Rasanya lebih baik tidur duduk saja.

Confidence level turun karena kita tidak tahu kapan Vertigo akan muncul. Dia akan muncul begitu saja. Biasanya dengan MERISLON bisa hilang, tapi TIDAK TUNTAS sembuhnya. Setiap tahun kumat, namun serangan vertigo yang terakhir menyebabkan saya tidak bisa tidur pada posisi kanan, setiap balik ke kanan maka vertigonya kumat. Saya merasakan ada sesuatu yang salah namun tidak tahu apa itu…????

Akhirnya ketika Reuni Lebaran di Bali, seorang teman memberikan referensi berobat ke seorang Profesor di Mt E- Singapore, dokter ini adalah seorang NEUROLOG dan ahli penyakit Stroke, baginya vertigo mudah penyembuhannya.

Mula-mula dokter melakukan Blood Circulation Scan, dimana segera diketahui apakah ada bagian pembuluh darah yg mampet atau alirannya kurang lancar dll.
Setelah itu dilakukan Therapy di sofa oleh seorang suster sbb :

Saya disuruh telentang dengan kepala sebagian mendongak, tanpa bantal dan dipegang oleh suster. Kemudian disuruh nengok ke kiri, ADUUHH…. langsung vertigonya kumat, dunia berputarrrr… tangan saya menggapai-gapai mencari pegangan... tapi suster menyuruh saya rileks. Kalau sudah hilang maka kita harus menoleh ke kanan, kumat lagi walau tidak separah yang kiri, rileks lagi, lalu balik badan dan kepala melihat ke lantai, lalu bangun perlahan-lahan dengan mata melihat ke bahu, kemudian duduk kembali.

Hanya itu therapynya, SANGAT SEDERHANA tapi MANJURR… lalu saya diharuskan tidur bolak balik, kanan - kiri – kanan - kiri dst (total waktu therapy sekitar +/- 15 menit).


SANGAT SEDERHANA, KENAPA ???

Vertigo terjadi karena kita salah posisi tidur, mungkin tanpa kita sadari kita selalu tidur pada satu posisi. Misalnya kebanyakan posisi kiri dan jarang bolak balik kanan-kiri. Ini akan memperparah vertigo, yang mengakibatkan adanya "CHRYSTAL" istilah mereka yg lepas dari telinga kita sehingga menyebabkan keseimbangan kita terganggu.

Nah, therapy itu utk mengembalikan posisi "CHRYSTAL" tersebut.
Simple kan? ternayta tidak ada hubungannya dengan kolesterol atau lain sebagainya. Dokter hanya memberikan 1 jenis obat yang hanya diminum 1 kali saja pada malam sesudah therapy, itupun kalau masih merasa berputar. Pada malam hari saya tidur nyenyak dan mengikuti nasehat dokter agar tidur kanan-kiri-kanan-kiri dan memakai 2 buah bantal ditumpuk agar tinggi serta harus merubah pola tidur yang salah.

Saya adalah penggemar pijit, saya sempat tanya ke dokter apakah masih boleh pijit kepala, ternyata dokter menyarankan sebaiknya tidak pijit kepala, karena khawatir tukang pijetnya tidak tahu jelas pembuluh mana yang kena pencet.
Sejak saat itu saya STOP pijit, karena ketika saya kena serangan vertigo yang lalu, saya sedang dipijit di bagian kepala, mungkin saja saat itu ada yang kurang pas.

Sayangnya selama ini saya belum di advise therapy demikian oleh para dokter yang pernah saya temui. Bila sedang vertigo maka akan dihubungkan dengan kolesterol/lipitor, istirahat, minum obat pengencer darah, minum merislon itu membuat kita lemas.

NOTE :

1. Tidurlah dengan sikap yang baik yaitu bolak balik kiri kanan.
2. Segela ubah pola tidur anda bilamana anda mempunyai kecenderungan tidur pada satu posisi.
3. Lakukan pola tidur ini mulai sekarang walaupun anda belum pernah kena vertigo.

Sumber : multiply.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar